RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Kompetensi Inti (KI) KI 1 : Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya. KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan B. Kompetensi Dasar 1.1.Menyadari adanya keteraturandalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawamakromolekul sebagai wujud kebemasukan Tuhan YME dan pengetahuan ihwal adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif. 2. 1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, adil, terbuka, bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawaban, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari. 2. 2. Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta tenang dan peduli lingkungan serta ekonomis dalam memanfaatkan sumber daya alam. 2. 3. Menunjukkan sikap responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan problem dan membuat keputusan. 3.3. Mengevaluasi tanda-tanda atau proses yang terjadi dalam referensi sel elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis) yang dipakai dalam kehidupan. 4.3.Menciptakan ide/gagasan produk sel elektrokimia. C. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Menunjukan rasa syukur terhadap kebemasukan Tuhan YME atas adanya keteraturan dalam reaksi redoks sehingga terciptanya banyak sekali produk untuk kehidupan sehari-hari 2. Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, disiplin, teliti, bertanggung jawaban, kritis, kreatif, komunikatif dalam merancang dan melaksanakan percobaan sel elektrolisis dan penyepuhan logam 3. Bekerja sama dalam melaksanakan praktikum dan diskusi, memmembuang limbah praktikum pada tempatnya dan memakai bahan-bahan praktikum secukupnya 4. Proaktif dalam kegiatan diskusi untuk memecahkan problem dalam sel elektrolisis dan penyepuhan logam 5. Menjelaskan prinsip sel elektrolisis 6. Membedakan reaksi redoks pada larutan dan lelehan berdasarkan data percobaan sel elektrolisisdengan elektroda inert 7. Menjelaskan reaksi redoks pada sel elektrolisis larutan dengan elektroda tidak inert menurut data percobaan 8. Menganalisis reaksi redoks yang terjadi pada proses penyepuhan logam, pemurnian logam dan pembuatan senyawa 9. Memdiberikan referensi produk industri hasil proses elektrolisis 10. Merancang perangkat sel elektrolisis untuk proses penyepuhan 11. Merancang kegiatan praktik penyepuhan logam 12. Melakukan penyepuhan benda-benda dari logam sesuai rancangan 13. Membuat laporan kiprah proyek penyepuhan logam D. Materi Pembelajaran 1. Prinsip sel elektrolisis Elektrolisis artinya penguraian suatu zat akhir arus listrik. Zat yangterurai sanggup berupa padatan, cairan, atau larutan. Arus listrik yangdigunakan ialah arus searah. Tempat berlangsungnya reaksi reduksi dan oksidasi dalam selelektrolisis sama menyerupai pada sel volta, yaitu anoda (reaksi oksidasi) dan katoda (reaksi reduksi). Perbedaan sel elektrolisis dan sel volta terletakpada kutub elektroda. Pada sel volta, anoda (–) dan katoda (+), sedangkanpada sel elektrolisis sebaliknya, anoda(+) dan katoda(–). Pada sel elektrolisis anode dihubungkan dengan kutub positif sumber energi listrik, sedangkan katoda dihubungkan dengan kutub negatif. 2. Reaksi redoks pada sel elektrolisis Reaksi pada sel elektrolisis yang dibahas meliputi: - Reaksi redoks dalam elektrolisis larutan dengan elektroda inert - Reaksi redoks dalam elektrolisis lelehan dengan elektroda inert - Reaksi redoks dalam elektrolisis larutan dengan elektroda tidak inert misal reaksi redoks dalam elektrolisis larutan NaCl 3. Kegunaan elektrolisis Elektrolisis banyak dilakukan pada industriseperti pada elektroplating atau penyepuhan logam, pemurnian logam dan pembuatan senyawa - Penyepuhan (electroplating) ialah suatu metode elektrolisis untuk melapisi permukaan logam oleh logam lain yang lebih stabil terhadap cuaca atau untuk menambah keindahannya. misalnya, besi dilapisi nikel supaya tahan karat, tembaga dilapisi perak atau emas supaya lebih bernilai - Pemurnian logam melalui elektrolisis dilakukan untuk memurnikan logam dari campurannya, contohnya pemurnian logam tembaga - Pembuatan senyawa kimia melalui elektrolisis dilakukan untuk memperoleh senyawa atau unsur murni untuk keperluan laboratorium. contohnya pembuatan NaOH dari elektrolisis larutan NaCI, pembuatan unsur F2 dengan elektrolisis larutan HF dalam Kfcair 4. Praktik elektolisis larutan dan penyepuhan Praktik elektrolisis Na2SO41 M, Larutan KI 1 M, Larutan CuSO4 1 M dengn elektroda inert atau elektroda tidak inert Merancang kegiatan praktik penyepuhan, merancang perangkat penyepuhan logam dan merancang laporan kiprah proyek Praktik penyepuhan logam sesuai dengan prinsip reaksi redoksnya E. Kegiatan Pembelajaran
2. Pertemuan kedua dan ketiga: 3 jam pelajaran
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik penilaian :
2. Instrumen penilaian a. Pertemuan Pertama: - Penilaian Sikap: Lembar observasi sikap pada dikala praktik “ Reaksi redoks pada sel elektrolisis” - Penilaian Pengetahuan: Soal pilihan ganda, uraian dan tugas materi Prinsip sel elekrolisis dan Reaksi redoks pada sel elektrolisis - Penilaian Keterampilan: Lembar pengamatan keterampilan pada dikala praktik “ Reaksi redoks pada sel elektrolisis” b. Pertemuan Kedua : - Penilaian Sikap : Lembar observasi diskusi merancang kiprah proyek Praktik Penyepuhan logam - Penilaian Pengetahuan: Soal pilihan ganda, uraian materi kegunaan sel elektrolisis - Penilaian Ketrampilan : Format Penilaian kiprah proyek dan format penilaian portofolio Laporan proyek. 3. Pembelajaran Remedial : Pembelajaran remedial dilaksanakan segera setelah diadakan penilaian bagi penerima didik yang mendapat nilai di bawah 2,67. Strategi pembelajaran remedial dilaksanakan dengan pembelajaran remedial, penugasan dan tutor sebaya menurut indikator pembelajaran yang belum dicapai oleh masing-masing penerima didik. 4. Pengayaan : Peserta didik yang menerima nilai diatas 2,67 didiberikan kiprah mengkaji materi penerapan elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari dan atau soal-soal higherordered thinking. 5. Kunci dan Pedoman Penskoran ( pada lampiran) G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar 1. Media/Alat : Alat praktikum sesuai yang tercantum pada LKS 2. Bahan : Bahan praktikum sesuai yang tercantum pada LKS 3. Sumber Belajar : Buku kimia kelas XII Kurikulum 2013, Buku Kimia kelas XII BSE, Bahan bacaan yang relevan dari internet |
Lampiran 1: Instrumen Penilaian
A. Instrumen Penilaian Sikap
1. Lembar Observasi Sikap
a. Sikap pada kegiatan Praktikum
Lembar Penilaian pada Kegiatan Praktikum Mata Pelajaran : Kimia Kelas/Semester: XII/1 Topik: Sel elektrolisis Judul Praktikum: Reaksi redoks pada sel elektrolisis Indikator: Peserta didikmenunjukkan sikap ilmiah disiplin, tanggung jawaban, kerjasama, teliti kreatif dan peduli lingkungan dalam melaksanakan percobaan kimia
|
Rubrik Penilaian | Nilai observasi pada dikala praktikum |
Skor 4 = sangat baik Skor 3 = baik Skor 2 = cukup Skor 1 = kurang |
b. Sikap pada dikala Diskusi
Lembar Penilaian pada Kegiatan Diskusi Mata Pelajaran: Kimia Kelas/Semester: XII / 1 Topik : Sel elektrolisis Kegiatan Diskusi: Merancang kiprah proyek praktik penyepuhan logam Indikator : Peserta didik memperlihatkan perilaku kerjasama, rasa ingin tahu, santun, dan komunikatif sebagai wujud kemampuan memecahkan problem dan membuat keputusan.
. |
Rubrik Penilaian | Nilai observasi pada dikala diskusi |
Skor 4 = sangat baik Skor 3 = baik Skor 2 = cukup Skor 1 = kurang |
2. Lembar Penilaian Diri
a. Penilaian diri setelah penerima didik belajar Sel elektrolisis
Penilaian Diri
Sesudah mempelajari materi Sel elektrolisis, Anda sanggup melaksanakan penilaian diri dengan cara mempersembahkan tanda Vpada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan.
|
b. Penilaian diri setelah melaksanakan tugas proyek Praktik Penyepuhan Logam.
Penilaian Diri
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan diberilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
|
Rubrik Penilaian | Nilai |
Jika menjawaban Ya, Skor= 2 Jika menjawaban Tidak, Skor= 1 |
3. Format penilaian antar penerima didik
Penilaian antar Peserta Didik
- Amati sikap kawanmu dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran Kimia - Berikan tanda v pada kolom yang disediakan menurut hasil pengamatannu.
|
4. Format Jurnal
|
B. Instrumen Penilaian Pengetahuan
a. Soal Pilihan Ganda .
Soal Pilihan Ganda
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Elektrolisis ialah penguraian suatu zat akhir arus listrik. Diantara pernyataan diberikut yang berlaku pada sel elektrolisis adalah.... A. oksidasi terjadi pada katoda B. anoda bermuatan negatif C. migrasi kation menuju elektrode positif D. elektrode positip dinamakan katoda E. reduksi berlangsung di katoda | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Perhatikan gambar percobaan elektrolisis larutan natrium klorida dengan elektroda karbon.
A. pada potongan A terdapat gelembung gas, larutan berubah menjadi berwarna merah B. pada potongan B terdapat gelembung gas, larutan berubah men jadi berwarna merah C. pada potongan B terdapat gelembung gas dan larutan berubah jadi merah kemudian menjadi tidak berwarna D. pada potongan A tidak terdapat gelembung gas, larutan berubah dari hijau menjadi berwarna biru E. pada potongan B tidak terdapat gelembung gasdan larutan berubah jadi merah kemudian menjadi tidak berwarna | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. eaksi yang terjadi pada katode dari elektrolisis larutan Na2SO4 ialah …. A. Na+ (aq) + e – B.2H2O (aq) + 2e– C.2H+ (aq) + 2e– D. SO42- (aq) + 2e– E. 4OH- (aq) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4. Pada elektrolisis lelehan NaCl 1 M dihasilkan .... A. Gas Hidrogen pada anoda B. Gas Klorin pada katoda C. Senyawa NaOH pada anoda D. Ion OH – pada anoda E. Senyawa NaOH pada katoda | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
5. Percobaan elektrolisis larutan dilakukan siswa eksklusif pada kertas lakmus yang dibasahi oleh larutan garam dapur pekat seperti pada gambar dibawah ini
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
6. Pada elektrolisis larutan KI 1 M dengan elektroda karbon reaksi yang terjadi di kutub anoda adalah .... A. 2 H2O (l)à 4H+(aq) + O2(g) + 4 e – B. 2 H2O (l) + 2 e –à 2 OH – (aq) + H2(g) C. K+(aq ) + e – à K (s) D. 2 I – (aq)à I2 (s) + 2 e E. 2 H+(aq) + 2 e – à H2(g) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
7. Temanmu melaksanakan elektrolisis larutan CuSO4 0,5 M, ia memakai elektroda Pt sebagai katode dan elektrode Fe sebagai anode. Catatan pengamatan kawanmuyang benar adalah.... A. gas H2 di katode dan anode Fe larut B. endapan Cu di katode dan gas O2 di anode C. gas H2 di katode dan gas O2 di anode D. endapan Cu di katode dan anode Fe larut E. endapan Fe di katode dan anode Fe larut | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
8. Sekelompok siswa mempelajari banyak sekali data reaksi elektrolisis banyak sekali senyawa. Senyawa yang menghasilkan gas Hidrogen di anodaadalah.... A. NaH (l) B. Na2SO4 (aq) C. NaCl (l) D. HCl (aq) E. K2SO4 (aq) |
b. Soal Uraian
Soal Uraian
| ||
Jawablah dengan singkat dan jelas 1. Uraikan langkah-langkah melaksanakan elektrolisis larutan Na2SO4 memakai indikator universal dan tuliskan hasil pengamatannya ! 2. Tuliskan reaksi elektrolisis pada elektrolisis larutan NaCl dengan lelehan NaCl apa perbedaannya? 3. Pemurnian logam tembaga dilakukan proses elektrolisis larutan CuSO4 dengan elektroda tembaga, tembaga murni sebagai elektroda katoda, tembaga tidak murni dipakai sebagai anoda. Tuliskan reaksi pada masing-masing elektroda? 4. Gambarkanlah denah sel elektrolisis untuk menyepuh benda dari besi dengan tembaga , jelaskan prosesnya? 5. Sebutkan 4 referensi produk industri hasil proses elektolisis ? |
Kunci Jawaban
Soal Pilihan Ganda:
No | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
Jawaban | E | C | B | E | C | D | D | A |
Bobot soal masing-masing 1
Soal Uraian
No | Jawaban Soal | Skor | ||
1. | Siapkan rangkaian sel elektrolisis larutan Na2SO4 0,1 M Pada verbal tabung U diteteskan 2 tetes larutan indikator universal. Selanjutnya didiberikan arus listrik pada elektrode kurang lebih selama 2 menit. Mengamati tanda-tanda yang terjadi dan perubahan warna indikator pada elektroda (-) katoda dan elektroda ( + ) anoda Hasil pengamatan: Di anoda terjadi gelembung gas dan indikator berkembang menjadi berwarna merah Di katoda terjadi gelembung gas dan indikator berkembang menjadi berwarna biru | 10 10 | ||
2 | Pada elektrolisis larutan NaCl dihasilkan larutan NaOH, gas H2 dan Cl2 , Reaksi yang terjadi Pada elektrolisis lelehan NaCl dihasilkan larutan Na dan Cl2 | 10 10 | ||
3 | Reaksi yang terjadi pada pemurnian logam tembaga | 10 | ||
4 | Menyiapkan alat menyerupai pada gambar.
| 20 | ||
5 | Perhiasan dari tembaga dilapisi emas menyerupai cincin dan gelang, pelapisan besi oleh krom, pemurnian aluminium dari bijih bauxit Pembuatan logam natrium | 10 | ||
Jumlah | 80 |
C. Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
Instrumen Penilaian Praktik
Topik : Sel elektrolisis
KI: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
KD: 4.3. Menciptakan ide/gagasan produk sel elektrokimia.
Indikator : Merangkai alat percobaan elektrolisis dan melaksanakan percobaan penyepuhan
Lembar Pengamatan Topik: ............................... Kelas: ................................
|
Rubrik
No | Keterampilan yang dinilai | Skor | Rubrik |
1 | Persiapan Percobaan(Menyiapkan alat Bahan) | 30 | - Alat-alat sudah tersedia, tertata rapih sesuai dengan keperluannya - Bahan-bahan/larutan untuk percobaan sudah disiapkan di meja praktikum - Lembar kegiatan praktikum tersedia - Menggunakan jas laboratorium |
20 | Ada 3 aspek yang terpenuhi | ||
10 | Ada 2 aspek yang terpenuhi | ||
2 | Pelaksanaan Percobaan | 30 | - Memasang tabung U pada statif dengan sempurna - Memmembersihkankan elektroda sebelum digunakan - Meletakan elektroda diletakkan pada kutub yang tepat - Mencelupkan elektroda dengan kedalaman yang sama - Mengisi larutan pada tabung U secukupnya - Memdiberikan arus sesuai hukum pada percobaan elektrolisis |
20 | Ada 4 aspek yang tersedia | ||
10 | Ada 2 aspek tang tersedia | ||
3 | Kegiatan selesai praktikum | 30 | - Memmembuang larutan atau sampah ketempatnya - Memmembersihkankan alat dengan baik - Memmembersihkankan meja praktikum - Mengembalikan alat ke daerah tiruanla |
20 | Ada 3 aspek yang tersedia | ||
10 | Ada 2 aspek tang tersedia |
Instrumen Penilaian Proyek
|
Lampiran 2: LKS
ELEKTROLISIS LARUTAN
I. Penlampauan
Elektrolisis berarti penguraian suatu zat akhir arus listrik. Zat-zat yang terbentuk sanggup diketahui dari perubahan-perubahan yang terjadi dengan menolongan indikator. Dalam percobaan ini kalian sanggup menyidik zat-zat hasil elektrolisis larutan Na2SO4 dan larutan KI dengan elektroda karbon dan larutan CuSO4dengan elektroda inert dan tidak inert. Kalian juga sanggup latihan mengamati, merangkai alat, memprediksi, mengolah data dan menyimpulkan
II. Alat dan Bahan
Alat : | Bahan : | |
- Tabung U - Elektrode C, Fedan Cu - Catu daya atau Batu Batere 4 buah - Statif, klem boshead - Pipet tetes - Kabel & penjepit buaya | 3 buah 3 buah 1 buah1 set 3 buah 3 set | - Larutan Na2SO41 M - Larutan KI 1 M - Larutan CuSO41 M - Larutan Indikator Universal atau indikator alam - Larutan Indikator Fenolftalein - Larutan Amilum 1 % |
III. Teknik Kerja dan Pengamatan
Pasang alat elektrolisis menyerupai terlihat pada gambar. Selanjutnya lakukan percobaan sesuai langah-langkah kegiatannya |
A. Elektrolisis larutan Na2SO4
Langkah-langkah Kegiatan | Pengamatan | |||||||||
1. Isi tabung U dengan larutan Na2SO41 M hingga ¾ volume tabung. Amati warna larutannya ! 2. Masukkan elektroda karbón pada masing-masing verbal tabung U dan teteskan 2 tetes larutan indikator universal. Amati warna yang terjadi! 3. Berikan sumber arus listrik pada elektrode tunggu kurang lebih selama 2 menit. Amati tanda-tanda yang terjadi dan perubahan warna indikator pada elektroda (-) katoda dan elektroda ( + ) anoda ! | Warna larutan Na2SO4 : ……………………............................. Di Katode ( - ) : ........................................................... Di Anode (+) : ...........................................................
|
B. Elektrolisis Larutan KI
Langkah-langkah Kegiatan | Pengamatan | |||||||||
1. Isi tabung U dengan larutan KI 1 M hingga ¾ volume tabung. 2. Celupkan kedua elektroda karbon ke dalam masing-masing tabung U dan hubungkan elektroda itu dengan sumber arus listrik selama kira-kira 2 menit. Catat perubahan yang terjadi pada tiap-tiap elektroda ! | Warna Larutan KI : ...................................................... Di Katode ( - ) : ........................................................... Di Anode (+) : .......................................................... | |||||||||
3. Pipet larutan dari katode dan anoda ke pelat tetes, kemudian uji masing-masing dengan fenolftalein 4. Ulangi langkah no. 3 uji dengan larutan amilum. Amati dan catat apa yang terjadi ! |
|
C. Elektrolisis Larutan CuSO4
Langkah-langkah Kegiatan | Pengamatan | ||||||
1. Isi tabung U dengan larutan CuSO41 M hingga ¾ volume tabung. Amati warna larutannya ! 2. Masukkan elektroda tembagadan besi pada masing-masing verbal tabung U. Amati warna yang terjadi! 3. Hubungkan elektroda Cu ke kutub negatif, dan ke kutub positif. Berikan sumber arus listrik pada elektroda, tunggu kurang lebih selama 5 menit.Amati tanda-tanda yang terjadi pada elektroda (-) katodadan elektroda (+) anoda ! | Warna larutan CuSO4 : ……………………............................. Di Katode (-) : ................................................ Di Anode (+) : ...................................................
|
D. Elektrolisis Larutan CuSO4
Langkah-langkah Kegiatan | Pengamatan | ||||||||||||
1. Isi tabung U dengan larutan CuSO4 1 M hingga ¾ volume tabung. Amati warna larutannya ! 2. Masukkan elektroda tembagadan besi pada masing-masing verbal tabung U. Amati warna yang terjadi! 3. Hubungkan elektroda Cu ke kutub negatif, elektroda Fe ke kutub positif. Berikan sumber arus listrik pada elektrode tunggu kurang lebih selama 5 menit.Amati tanda-tanda yang terjadi dan perubahan warna indikator pada elektroda (-) katoda dan elektroda (+) anoda! 4. Kerjakan kegiatan seperti nomor 3 dengan menghubungkan elektroda Cu ke kutub positif dan elektroda Fe ke kutub negatif. Catat hasil pengamatanmu! | Warna larutan CuSO4 : ……………………............................. Di Katode (-) : ................................................ Di Anode (+) : ...................................................
Warna larutan CuSO4 : ……………………............................. Di Katode (-) : ................................................ Di Anode (+) : ...................................................
|
IV. Pertanyaan
- Untuk elektrolisis larutan Na2SO4 :
a. Berdasarkan tanda-tanda yang terjadi dan perubahan warna indikator di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang didapat dari elektrolisis larutan ini?
b. Tuliskan reaksi redoks yang terjadi pada kedua elektrode tersebut!
- Untuk elektrolisis larutan KI :
a. Berdasarkan tanda-tanda yang terjadi dan perubahan warna indikator di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang didapat dari elektrolisis larutan ini?
b. Tuliskan reaksi redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
- Untuk elektrolisis larutan CuSO4dengan elektrode tembaga:
a. Berdasarkan tanda-tanda yang terjadi di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang didapat dari elektrolisis larutan ini?
b. Tuliskan reaksi redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
- Untuk elektrolisis larutan CuSO4dengan elektroda Cu dan Fe:
a. Berdasarkan tanda-tanda yang terjadi di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang didapat dari elektrolisis larutan ini?
b. Tuliskan reaksi redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
misal RPP ini saya kutip dari Modul Diklat Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Sasaram Kimia Sekolah Menengan Atas Tahun 2015
0 Komentar untuk "Contoh Rpp Kimia Xii Kurikulum 2013 : Elektrolisis"