LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Pengaruh Jenis Larutan Terhadap Titik Didih
1. Tujuan Percobaan
Menjelaskan dampak jenis larutan terhadap titik didihnya.
2. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan | Ukuran / Satuan | Jumlah |
Gelas kimia Thermometer Pengaduk kaca Sendok makan Garam dapur Air suling Kasa dan kaki tiga Stopwatch Pembakar Spiritus Gula | 100 ml -10 0C – 100 0C - - - - - - - - | 12 1 1 1 secukupnya - 1 1 1 secukupnya |
3. Teknik Kerja
Kegiatan A
1. Siapkan tiga buah gelas kimia 100 ml dan isilah masing-masing dengan 50 mL air suling.
2. Dua dari tiga gelas tadi menambahkan masing-masing dengan 3,42 gram gula dan 0,585 gram garam dapur.
3. Panaskan ketiga larutan tersebut dan catatlah perubahan suhu yang terjadi setiap selang waktu
0,5 menit.
0,5 menit.
Hasil Pengamatan
Gelas Kimia | Zat yang digerahkan | Suhu (◦C) tiap 0,5 menit | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | ||
1 | Air | |||||||||
2 | Larutan Gula | |||||||||
3 | Larutan Garam |
Pertanyaan
1. Jelaskan manakah yang yakni variabel dari percobaan di atas
variabel manipulasi :
variabel control :
variabel respons :
2. Tuliskan kesimpulan yang sanggup diambil dari percobaan di atas
Kegiatan B
- Siapkan gelas kimia 100 mL sebanyak 8 buah ( diberi identitas 1a,2a,3a,dan 4a serta 1b,2b,3b, dan 4b). Isilah masing-masing dengan akuades sebanyak 50 mL.
- Panaskan sebuah gelas kimia lain yang diisi 50 mL akuades sampai mendidih dan catat suhunya.
- Tambahkan gula ke dalam gelas kimia 1a,2a,3a dan 4a, masing-masing sebanyak 3,42 gram;6,84 gram;10,26 gram; dan 13,68 gram. Sedangkan ke dalam gelas kimia 1b,2b,3b dan 4b , masing-masing dimenambahkan garam dapur sebanyak 0,585 gram ;1,17 gram;1,755 gram dan 2,34 gram. Aduklah sampai melarut.
- Panaskan tiap-tiap gelas kimia tersebut sampai larutan mendidih dan catat hasil pengamatanmu.
Hasil Pengamatan
Gelas kimia | Massa gula (gram) | Suhu larutan (◦C) |
1a | 3,42 | …………………… |
2a | 6,84 | …………………… |
3a | 10,26 | …………………… |
4a | 13,68 | …………………… |
Gelas kimia | Massa garam (gram) | Suhu larutan (◦C) |
1b | 0,585 | …………………… |
2b | 1,170 | …………………… |
3b | 1,755 | …………………… |
4b | 2,340 | …………………… |
Titik didih air = ……..◦C
Pertanyaan
1. Tentukan kemolalan setiap larutan , kemudian menurut table diatas, buatlah grafik relasi suhu larutan terhadap serius gula (mol l-1)
2. Berdasarkan table diatas, buatlah grafik relasi suhu larutan terhadap serius garam.
3. Berdasarkan pengamatanmu terkena dampak penambahan gula dan garam terhadap kenaikan suhu larutan, diberikan tanda silang (X) pada pernyataan diberikut yang benar.
a. Semakin banyak zat yang dimenambahkan dengan volume air yang sama, semakin tinggi titik didihnya.
b. Semakin banyak zat yang dimenambahkan dengan volume air yang sama, semakin rendah titik didihnya.
c. Penambahan jumlah zat dengan volume air yang tetap tidak memengaruhi kenaikan titik didih.
4. Perhatikan pernyataan diberikut, diberikan tanda silang (X) pada pernyataan yang benar.
melaluiataubersamaini serius yang sama, maka:
a. Senyawa elektrolit (garam dapur) mempunyai titik didih yang lebih tinggi daripada senyawa nonelektrolit (gula)
b. Senyawa elektrolit (garam dapur) mempunyai titik didih yang lebih rendah daripada senyawa nonelektrolit (gula)
5. Mengapa pada serius yang sama ternyata larutan elektrolit mempunyai titik didih yang lebih tinggi daripada larutan nonelektrolit?
Lomba Kompetensi Siswa Praktikum Sifat Koligatif : Penurunan Titik Beku Larutan sanggup dibaca di SINI
0 Komentar untuk "Lks Kimia Sifat Koligatif : Kenaikan Titik Didih Larutan"